Entri Populer

Selasa, 06 Desember 2011

Posisi dalam Sepakbola



Makna Posisi dalam Sepakbola

Dalam sepakbola, posisi itu ibarat rumah. Tidak harus seseorang selalu berada di rumahnya. Untuk keperluan-keperluan tertentu, ia kadang harus keluar rumah. Meski demikian, setiap hari ia harus selalu pulang ke rumahnya. Demikian pula posisi dalam sepakbola. Tidak berarti bek kiri harus selalu berada di sebelah kiri dan di belakang para pemain yang lainnya. Bahkan tidak selalu pemain sisi kanan harus selalu dan setiap saat berada di sisi kanan. Keluarnya seorang pemain dari posisinya disebut sebagai ‘out of position’ (diluar posisi).
Namun perlu diingat, seorang bek kiri meskipun ka
dang-kadang berada diluar posisinya namun ia adalah pemain yang harus paling sering berada dalam posisi aslinya. Jika tidak demikian, tidak perlu ada penetapan posisi dong. Lebih dari itu, posisi adalah tanggung jawab. Pemain di lapangan ibarat penjaga rumah. Jangan sampai ada maling atau perampok memasuki rumah kita sementara rumah kita sedang kosong tak terjaga karena kita tidak sedang ada di rumah. Bisa-bisa rumah kita dijarah atau bahkan dibakar habis!

Elemen-elemen Serangan

Berikut ini elemen-elemen serangan dalam sepakbola. Pertama, umpan biasa. Maksudnya adalah umpan bola bawah, yang merupakan elemen yang paling dominan dipakai dalam membangun serangan. Untuk menjamin sebuah serangan yang kuat dan tak terpatahkan, umpan-umpan harus dilakukan dengan lugas, tegas, dan akurat. Para pemain harus bergerak secara dinamis untuk mencari ruang dan melepaskan diri dari bayangan lawan, agar bisa terus melakukan umpan dari satu pemain ke pemain yang lainnya.
Kedua, umpan satu dua (one-two pass, wall pass). Ini adalah satu kombinasi umpan, yang biasanya mengejutkan dan tidak terantisipasi oleh lawan. Umpan-umpan satu dua yang dilakukan di daerah pertahanan lawan seringkali mampu menembus barikade pertahanan lawan yang sangat kuat sekalipun.

Bagaimana Menyerang pada Pola 4-4-2? (Bagian 2)

Pola 4-4-2 memang hanya memiliki 2 forward, namun tidak berarti bahwa tim dengan pola ini hanya menyerang dengan 2 orang di lini depan. Dalam pola 4-4-2, outside midfielder atau outside back (jika melakukan overlap) bisa maju ke lini depan. Dengan demikian, akan terdapat 4 orang penyerang sekaligus. Untuk itulah pola 4-4-2 adalah pola yang berubah menjadi 2-4-4 ketika menyerang. Belum lagi jika ditambah dengan majunya salah satu center midfielder persis di belakang kedua forward – dan ketika itu disebut sebagai offensive midfielder – maka akan terdapat 5 orang penyerang sekaligus. Luar biasa bukan?
Dalam pola 4-4-2, outside midfielder memang didedikasikan untuk naik ke lini depan ketika menyerang – dan ketika itu mereka disebut sebagai penyerang sayap. Namun fungsi ini tidak hanya monopoli outside midfielder. Outside back pun bisa melakukan hal serupa, yakni dengan cara melakukan overlap terhadap outside midfielder

Taktik Bertahan 1 vs 2

Bertahan 1 vs 2 artinya bertahan yang dilakukan oleh 1 orang defender menghadapi 2 orang penyerang. Kondisi 1 vs 2 memang tidak pernah diinginkan, karena dalam kondisi tersebut jumlah penyerang lawan lebih banyak daripada jumlah defender kita. Namun pada saat-saat tertentu, misalnya ketika para pemain terlambat turun, kondisi 1 vs 2 bisa terjadi.
Dalam kondisi 1 vs 2, defender jangan langsung mem-pressure pembawa bola. Ini sangat berbahaya, karena dengan sekali gocek saja pembawa bola tersebut bisa mengumpankan bolanya kepada penyerang yang lainnya. Jika itu terjadi, penyerang yang baru saja menerima umpan tersebut sudah pasti hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper kita

Taktik Individual Bertahan

Strategi bertahan sebagus apapun tidak akan banyak berguna jika tidak didukung oleh taktik individual yang bagus dari para pemainnya. Setiap pemain harus mengetahui dan terlatih bagaimana secara individual masing-masing dari mereka bisa bertahan.
Pertama-tama yang harus dilakukan oleh setiap pemain dalam bertahan adalah berusaha untuk memotong umpan (passing) yang dilakukan oleh lawan. Jika ini tidak bisa, hal yang harus dilakukan tergantung pada posisi pemain lawan yang sedang menerima umpan.
Jika pemain lawan tersebut dalam posisi yang dekat, maka pemain kita harus berusaha mengganggu dan merebut bola darinya begitu ia menerima umpan. Tekanlah bola secepat mungkin. Jangan biarkan ia berlama-lama memegang bola. Bergeraklah ke arahnya ketika bola masih dalam perjalanan, sehingga begitu bola sampai ke kakinya, saat itu pula dia sudah akan menerima gangguan kita. Dan sebaik-baik waktu untuk mengganggu lawan adalah ketika pertama kali dia menerima bola (saat mengontrol bola pertama kali).

Contoh Bertahan Zonal Defence 4-4-2

Berikut ini contoh singkat bagaimana bertahan zonal defence dalam pola 4-4-2.
Klik disini untuk melihat skemanya.
Umpamakan kita adalah tim merah yang sedang bertahan, sedangkan lawan adalah tim biru yang sedang menguasai bola. Dalam contoh ini terjadi 4 aliran bola. Pertama-tama bola dipegang oleh kiper lawan lalu diumpankan kepada center back mereka. Dengan demikian bola berada di hadapan lini depan kita, di sisi tengah lapangan. Forward kita yang sebelah kiri (yang terdekat dengan bola) bergerak mem-pressure bola, di-cover oleh forward yang lainnya.
Namun center back lawan berhasil melewati barisan lini depan kita. Kini bola berada di kaki right back lawan, dan berada di hadapan lini tengah kita, di sisi kiri lapangan. Maka, right midfielder kita pun bergerak mem-pressure bola, dibantu oleh salah satu forward terdekat. Dengan demikian bola di-press oleh dua orang pemain kita (1+1). Ketiga pemain lain di lini tengah menyesuaikan diri dengan membentuk lengkungan buah pisang. Lini belakang menyesuaikan diri pula, membentuk lengkungan buah pisang.

Pergerakan ‘Ready for Cross’

Dalam pola 4-4-2, bagaimanapun juga, melepas crossing (umpan silang) adalah salah satu kartu truf untuk bisa mencetak gol. Kita semua tentunya mengetahui persentase gol yang dihasilkan dari crossing cukuplah besar. Hanya saja, harus dipahami bahwa bola crossing selalu bersifat ‘fifty-fifty’. Untuk bisa mengubah cross menjadi gol, barisan penyerang kita harus menang berduel dengan barisan pertahanan lawan.
Karena sifatnya yang demikian, ketika sebuah crossing hendak dilepaskan, barisan pemain yang akan menyambut bola crossing haruslah betul-betul siap di depan gawang. Disamping itu, para pemain penyambut bola cross inipun harus betul-betul berkualitas, handal dalam memenangkan bola-bola crossing. Jika tidak, seperti yang sering saya lihat, bola-bola crossing terasa sia-sia dan bahkan terkesan buang-buang bola saja. Kenapa saya bilang buang-buang bola? Karena ketika bola belum di-cross, bola itu sepenuhnya (100%) masih ada dalam penguasaan kita. Dengan melepas crossing, bola tersebut berubah menjadi bola 50%-50%, yang kemudian bisa menjadi milik kita atau milik lawan

Bagaimana Menyerang pada Pola 4-4-2? (Bagian 1)

Formasi 4-4-2 terdiri dari 4 pemain lini belakang (back), 4 pemain lini tengah (midfielder), dan 2 pemain lini depan (forward). Keempat back masing-masing adalah 2 center back, left back dan right back. Sementara di lini tengah terdapat 2 center midfielder, left midfielder, dan right midfielder.
Kedua center back boleh maju sampai paling jauh ke garis tengah lapangan. Dengan maju hanya sampai garis tengah, tim kita masih bisa berlindung pada aturan offside. Adapun jika center back maju melebihi garis tengah lapangan, tim kita menjadi tidak aman terhadap serangan balik lawan karena mereka tidak terkena aturan offside ketika bola masih berada di lapangan mereka sendiri. Meski demikian, pada saat-saat tertentu center back boleh maju sampai ke depan gawang, misalnya saat tim melakukan sepak pojok. Itupun setelahnya harus segera kembali ke tempat semula.

 

Dimana Mulai Menekan Bola?

Salah satu hal penting yang tidak boleh lupa untuk diinstruksikan kepada para pemain di lapangan adalah dimana mereka mulai menekan bola ketika lawan menguasai bola. Dalam hal kapan mulai menekan bola, ada tiga opsi yang bisa dipilih: 1) menekan bola semenjak bola tersebut berada di daerah pertahanan lawan, 2) menekan bola semenjak bola memasuki sepertiga tengah lapangan, dan 3) menekan bola ketika bola sudah memasuki daerah pertahanan kita. Untuk diketahui, lapangan sepakbola bisa dibagi menjadi 3 daerah: 1/3 yang terdekat dengan gawang kita disebut daerah pertahanan kita, 1/3 yang ditengah disebut sebagai 1/3 tengah lapangan, dan 1/3 yang terjauh adalah daerah pertahanan lawan.

Cara Bertahan Zonal Defence dalam Pola 4-4-2

Dalam tim yang baik, bertahan tidak hanya dilakukan oleh pemain belakang saja. Semua pemain harus ikut bertahan setiap kali tim kehilangan bola, sebagaimana pula semua pemain harus ikut menyerang ketika tim menguasai bola. Sebelum memasuki lapangan, pelatih harus menetapkan terlebih dahulu dimana tim akan mulai menekan lawan ketika mereka menguasai bola.
Selebihnya, tim kita harus memahami bagaimana cara bertahan. Dalam zonal defence, berturut-turut yang menjadi acuan adalah BOLA, lalu TEMAN, dan baru kemudian LAWAN. Pertama-tama, semua pemain harus memperhatikan dimana posisi bola. Mengapa demikian? Karena: 1) semua pemain harus bergerak secara serempak ke arah bola, dan 2) tim harus membentuk ball-pressure-triple (segitiga tekanan pada bola).

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Lapangan Sepak Bola yang Baik

Beberapa hari lalu penggemar bola tanah air khususnya pecinta Tim Nasional Indonesia tentu menyaksikan putaran pertama laga Pra Piala Dunia 2014 antara Indonesia melawan Turkmenistan. Di putaran pertama tersebut kita dapat melihat secara jelas di layar kaca bagaimana kualitas dari lapangan sepak bola tuan rumah Turkmenistan. Penuh lubang dimana-mana karena rumput yang tidak rata. Tentunya kita sebagai penikmat bola di tanah air masih dapat berbangga hati bila membandingkan kualitas lapangan sepak bola Turkmenistan tersebut dengan lapangan sepak bola di Gelora Bung Karno, Jakarta. Meskipun lapangan di GBK tidak sepenuhnya baik kualitasnya apabila dibandingkan dengan lapangan yang telah ada di negara maju sekaliber negara-negara raksasa sepak bola di Eropa. Tentunya lapangan sepak bola yang baik memiliki kriteria-kriteria tertentu dalam pembuatannya.
Ukuran
FIFA (Federation International de Football Associoation) menjadi badan yang mengatur regulasi yang disepakati untuk olah raga sepak bola di dunia. FIFA yang menjadi organisasi internasional tentu memiliki standar minimal ukuran lapangan sepak bola. Pengukuran Standar lapangan bola berbeda dan disesuaikan dengan regulasi di badan sepak bola nasional masing-masing. Namun ada batasan ukuran lapangan bola standar yang disepakati bersama oleh FIFA dan badan-badan sepak bola seluruh negara di dunia. Dan ukuran tersebut tidak menuntut dibuatnya lapangan sepak bola yang ukurannya harus pas sekian. Akan tetapi peraturan dari FIFA menentukan ukuran maksimal dan minimal yang harus dipatuhi.
Aturan Ukuran Lapangan Sepak Bola Sesuai Regulasi FIFA seperti berikut :
-Panjang maksimal = 120 meter Panjang minimal = 90 meter
-Lebar maksimal = 90 meter Lebar minimal = 45 meter
Jadi anda jangan sampai bertanya-tanya lagi setelah melihat perbedaan ukuran lapangan bola yang anda lihat di stasiun TV berbeda-beda. Mungkin satu saat anda mendapati ada lapangan sepak bola yang lebih lapang daripada yang lain. Atau kadang terasa lebih besar atau sebaliknya dengan meilihat jarak antar pemainnya yang saling berdekatan atau berjauhan.
Rumput
rumput yang berkualitas tentunya adalah rumput yang tidak hanya sedap dipandang mata saat pertandingan bola berlangsung namun juga rumput yang juga dapat mendukung pemain bola dengan baik saat pertandingan berlangsung. Lapangan yang memiliki rumput yang bagus mempengaruhi laju pergerakan bola saat mengalur di atasnya. Lapangan dengan rumput yang terlalu tebal pasti membuat luncuran bola menjadi begitu lamban. Sebaliknya tinggi rumput yang tipis juga berpengaruh terhadap arah bola menggelinding menjadi melenceng. FIFA juga telah menetapkan aturan tinggi dan kualitas rumput lapangan sepak bola tersebut.
Sepak bola adalah olah raga paling popular di dunia dan tentunya kita semua puas apabila melihat tayangan sepak bola yang berkualitas dan lapangan sepak bola merupakan faktor penting dalam berjalannya pertandingan yang  bermutu.
















Formasi formasi Sepak Bola
Formasi adalah susunan atau barisan pemain dalam sepak bola.

Posisi

  • Pemain belakang disebut bek.
  • Pemain tengah disebut gelandang.
  • Pemain depan disebut penyerang.
  • Pemain kiri atau kanan disebut sayap.

Tipe formasi

4-4-2

Formasi yang menggunakan 4 bek 4 pemain tengah dan 2 penyerang formasi ini biasa di gunakan tim indonesia di kancah sepak bola internasional. Formasi ini sering digunakan di klub-klub besar dunia seperti Spanyol. Formasi ini lebih menekankan permainan sepak bola yang penyerangannya dilakukan di bagian sayap, dengan begitu assist dan umpan lambung sangat memungkinkan berbuah gol.

 

 

4-4-1-1

4-2-4

 4-3-2-1

4-3-1-2

4-5-1

4-3-3

4-3-3 merupakan formasi yang terdiri dari 4 bek, 3 pemain tengah, dan 3 penyerang. Dengan 3 pemain tengah dan 3 penyerang memungkinkan penguasaan bola yang baik di daerah lawan. Permainan seperti ini dapat ditunnjukan oleh tim papan atas liga Spanyol] 4-2-3-1

4-3-3

4-1-4-1

3-4-3

3-5-2

3-6-1

 5-4-1

5-3-2

 

 

 

 

 

 

Pelanggaran-Pelanggaran dalam Sepak Bola

Untuk menjaga semangat sportivitas, disusunlah berbagai peraturan yang diharapkan membuat para pemain merasa nyaman dalam permainan.

a. Pelanggaran Pemain
Dalam sepak bola, terdapat sembilan peraturan yang apabila dilanggar akan mengakibatkan tendangan bebas langsung bagi regu lawan. Pelanggaran tersebut di antaranya sebagai berikut.

1) Menerjang lawan secara kasar.
2) Menerjang lawan dari belakang, kecuali jika lawan itu menghalang- halanginya.

3) Memukul atau mencoba memukul lawan.
4) Melompati pada lawan.
5) Menendang atau mencoba menendang lawan.
6) Me n j a t u h k a n l awa n , y a i t u menjatuhkannya dengan kaki atau dengan melakukan sliding dari depan atau dari belakang lawan itu.
7) Memegang lawan dengan bagian lain dari tangan.
8) Mendorong lawan dengan tangan atau bagian dari lengan.
9) Memainkan bola dengan tangan atau lengan seperti membawa, memukul, dan mendorong bola. Pelanggaran terhadap ini mengakibatkan hukuman satu tendangan penalti, tetapi hal ini tidak berlaku bagi penjaga gawang, selama ia berada dalam daerah gawang. Adapun jika melakukan pelanggaran seperti berikut, maka ia memberikan kesempatan pada lawan untuk melakukan tendangan bebas tidak langsung di
tempat pelanggaran terjadi. Jenis pelanggaran yang dimaksud adalah sebagai berikut.
1) Memainkan permainan yang membahayakan, misalnya menendang bola yang sedang dipegang oleh penjaga gawang.
2) Menerjang dengan cara yang tidak jujur.
3) Sengaja menghalangi lawan saat tidak memainkan bola, misalnya berdiri di
antara bola dan lawan.
4) Menerjang penjaga gawang, kecuali jika penjaga gawang itu:
  • a) keluar dari daerah gawangnya;
  • b) menghalang-halangi seorang lawan; atau
  • c) hendak memegang bola.

5) Jika penjaga gawang membawa bola berjalan lebih dari empat langkah sambil memegang bola dengan idak memantulkan bola ke tanah.

b. Pelanggaran Regu Penyerang
Berikut ini jenis-jenis pelanggaran yang dilakukan oleh regu penyerang.
1) Melakukan perbuatan, bersikap, atau mengucapkan perkataan yang tidak sopan saat dilakukan tendangan hukuman.
2) Pemain penyerang bukan pengambil tendangan masuk ke daerah tendangan hukuman (kurang dari 9,15 meter dari bola) sebelum bola ditendang.

3) Pengambil tendangan hukuman melakukan gerakan yang membingungkan penjaga gawang.
4) Bola tidak ditendang ke depan.

c. Pelanggaran dari Regu Bertahan
Pelanggaran yang dilakukan oleh pihak penahan antara lain sebagai
berikut.
1) Melakukan perbuatan, bersikap, atau mengucapkan perkataan yang tidak sopan saat dilakukan tendangan hukuman.
2) Penahan memasuki daerah tendangan hukuman (kurang dari 9,15 meter dari bola) sebelum bola ditendang.
3) Penjaga gawang menggerakkan kedua kakinya sebelum bola ditendang (saat tendangan hukuman).

d. Konsekuensi Pelanggaran yang Terjadi Saat Tendangan Hukuman Dilaksanakan
Jika terjadi pelanggaran pada saat tendangan hukuman dilakukan, konsekuensinya adalah sebagai berikut.
1) Pelanggaran oleh pihak penyerang
• Jika bola masuk ke gawang maka tendangan diulangi.
• Jika bola keluar, lewat, atau sampai di atas gawang maka regu penahan melakukan tendangan gawang.
• Jika bola mengenai gawang atau dipukul keluar oleh penjaga gawang, maka wasit menghentikan permainan dan regu bertahan melakukan tendangan bebas tidak langsung.
2) Pelanggaran oleh pihak penahan
• Jika bola masuk dalam gawang, maka gol dianggap sah.
• Jika bola keluar lewat atau sampai di atas gawang, maka tendanganvdiulangi.
• Jika bola mengenai gawang atau dipukul keluar oleh penjaga gawang, maka tendangan hukuman diulangi.
Jika pelanggaran dilakukan oleh kedua regu maka tendangan hukuman diulang. Jika tendangan hukuman diulang maka baik penjaga gawang maupun penendang hukuman boleh diganti dengan pemain lain.
Adapun pelanggaran yang berhubungan dengan permainan secara umum adalah:
1) melintas keluar dari daerah gawang;
2) mengulur waktu permainan;
3) masuk ke dalam atau ke luar lapangan permainan tanpa seizin

19 komentar:

  1. artikelnya bagus gan, semoga bermanfaat dan jangan lup kunjungi website kmi kembali ^^

    BalasHapus
  2. ===> BONUS SETIAP SABTU & MINGGU <===

    DONACOPOKER merupakan web online judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-bermain-kartu-remi/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/rumus-permainan-ceme-online/
    https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/promo-freechip-bulan-september/

    Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

    BalasHapus
  3. BONUS MEMBER BARU 20%

    CemePoker ialah perizinan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan beragam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg delegasi judi poker dengan rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan sekitar membernya berulang pemain Poker saya dijamin 100% Player VS Player.
    janganlah silap nantikan balasan menyentak tiap-tiap bulannya dan hadiah referal segolongan hidup

    Baca juga :
    https://www.pokerceme.org/game-judi-poker-online-android-indonesia/
    https://www.pokerceme.org/cara-bermain-poker-online-di-android-dan-iphone/


    Ayo gabung sekarang di www.cemesamgong.com

    BalasHapus
  4. Raih Keuntungan Bersama Situs Poker Deposit Pulsa

    Daftar Poker Online Deposit Pulsa Ponsel Indonesia Bersama http://zeusbola.cc/

    Dapatkan Berbagai Fasilitas Menarik Serta Bonus dari Agen ZEUSBOLA!

    • Layanan Customer Service Online 24Jam
    • Menerima Deposit All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel, Xl/Axis
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via Gopay
    • Menerima Deposit Via LINKAJA / TCASH
    • Menerima Deposit Via DANA
    • Pelayanan Terbaik, Teraman Dan Terpercaya ( FAST RESPON )

    Bonus Sabung Ayam S128 Online Terpercaya ::
    • Bonus New Member
    • Bonus Harian
    • Bonus Cashback
    • Bonus Rollingan
    • Bonus Win Berturut-turut ( S128 SV388 SABUNG AYAM ONLINE )

    Bagi Anda Yang Mencari Pelayanan CS Cepat Anda Harus Mencoba Mendaftar Dan Bermain di Bolazeus.com, Karena Selain CS Yang Ramah, Di ZeusBola Proses Deposit & Withdraw Hanya Butuh Waktu 1 - 3 Menit Saja !!

    Daftar Situs Judi Online Deposit Pulsa Ponsel Indonesia Terpercaya
    Link Daftar : http://104.248.148.252/register

    DAFTAR Judi S128 Sabung Ayam Deposit Pulsa – S128 Sabung Ayam Pulsa : http://178.128.92.55/.

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Contact Person Us :
    Link : http://zeusbola.cc/.
    Whatsapp : 0813 3355 5996
    SMS : 0813 3355 5996

    BalasHapus
  5. PROMO TIAP HARI BOS

    Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, pangkat kantorcabang Judi Online menyerukan pulsa ialah sepotongan tengkulak judi yang menggunakan permainan poker online pada saat ini sudah sekali mudah degnan hadirnya pementasan ini judi online sedimen melalui pulsa fasilitas berat bersandiwara disebuah pementasan poker online yang pintar kita jumpai saat ini memang buah berpangkal makin meningkatnya zaman dan teknologi saat ini didalam permainan taruhan online. Atas cukup mengusulkan pulsa seperti uang deposit atraksi di judi via pulsa online, awak sudah mencengkau giliran yang hana beraga serta membela permainan.

    Berlaku cadang pulsa didalam atraksi poker online jelasnya emang akan makin mengentengkan anggota saat agan melakukan atraksi jaminan online. Atas datangnya sedimen melalui pulsa alkisah awak hendak becus atas enteng bernilai berpura-pura lalu berperan jawara didalam sebangun pergelaran poker. Tontonan poker online deposit lewat pulsa tentunya tentu menggenggam separuh nilai berpura-pura yang becus berupa pulsa juga atau berwujud uang sahih didalam simetri atraksi judi online.

    BACA JUGA:

    daftar poker pulsa
    judi online via pulsa
    poker deposit pulsa terpercaya


    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

    BalasHapus
  6. Natal semakin dekat mari rayakan dengan penuh suka cita bersama Winning303

    Dapatkan Freechip 50.000
    Khusus buat member setia Winning303

    Jangan Lewatkan Kesempatan Ini...

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  7. https://yukitamari.blogspot.com/2011/12/posisi-dalam-sepakbola.html
    https://beritaterbaruinggris.blogspot.com/2017/06/berita-bola-brighton-dan-hove-albion.html
    https://sabung-ayam-kebumen.blogspot.com/2011/12/cara-mempercepat-rontoknya-bulu-ayam-yg.html
    https://ratukemalalaura.blogspot.com/2018/04/serba-serbi-sepak-bola.html
    https://azziqri.blogspot.com/2013/03/cara-sederhana-membuat-daftar-isi.html
    https://radiansah0madriddista.blogspot.com/2013/12/aturan-dasar-bola-tangan-handball.html
    https://andikawiratmaja.blogspot.com/2013/03/goal-keeper-skill-kiper-nah-kita-akan.html
    https://zmughnii.blogspot.com/2013/05/kenapa-peter-cech-kiper-chelsea-selalu.html
    https://mikhaylrichard.blogspot.com/2016/10/pendidikan-karakter-dan-pelajaran-hidup.html

    BalasHapus
  8. Apa yang dapat anda dapatkan dengan uang 10rb di zaman saat ini? Sebab kita melihat jika 10rb tidak berarti untuk saat ini.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    > Bonus Refferal 15%

    * Situs Poker Deposit 10rb Termurah
    * Aplikasi Poker Online
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    pokerayam.cc
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  9. Museum Poker

    Agen judi Poker terbaru

    POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY

    #bonus deposit pulsa dengan minimal depo 50 rb

    Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

    BalasHapus
  10. Bingung mencari Situs yang Hoki?
    sekarang tidak perlu bingung lagi bos ^^
    Ada ZEUSBOLA yang akan menjawab impian bosku untuk menjadi pemenang yang besar dalam Taruhan judi Online..!!
    Website yang sudah terbukti Hoki dan tidak perlu diragukan lagi bos...
    Karena ZEUSBOLA adalah Website yang Aman dan Terpercaya^^
    Hanya dengan Mininal DEPOSIT Rp.25.000,- Bosku sudah bisa bermain di semua permainan^_^

    Jenis permainan yang kami sediakan yaitu :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Judi Poker PKV Deposit Pulsa 10000

    Situs Poker Online Deposit Pulsa Smartfren

    BalasHapus
  11. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  12. DEPOSIT BISA VIA PULSA TELKOMSEL!

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan pada permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di peserta judi online yang bertingkat International, sah dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Juga Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.pw/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.pw/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    bonus deposit s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    zeus77.net
    livechat zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  13. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Live Online
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola.asia

    In
    fo Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  14. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Poker Online Terbaik Indonesia 2021

    Situs Poker Online Uang Asli

    BalasHapus
  15. CLUB388CASH SABUNG AYAM & SLOT ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terbaik 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    BalasHapus
  16. Cari agent pokervita yang bisa deposit pulsa?
    Terlebih tanpa potongan???

    ada nih promo judi pulsa online tanpa potongan hanya di Pokervita

    Mari tunggu apalagi kawan join GRATIS

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus
  17. Lagi bokek tapi mau bermain slot?
    Klik ====>Demo red tiger

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar slot

    Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Winning303.me
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  18. di zeusbola
    Jud◘ slots online dengan win rate tertinggi, dengan pelayanan super cepat dan rahmah...
    Minimal deposit hanya 50 ribu dan menyediakan deposit via pulsa tanpa potongan rate!
    Ditunggu Kehadirannya ya bossku di zeusbola
    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    BalasHapus